Selasa, 25 Maret 2014

LAVA CAKE - Melted Inside Smooth Outside


-Lava Cake-

Pertama kali saya mengenal kue ini adalah tahun 2012 awal, saat itu banyak sekali teman teman saya yang membicarakan kue coklat ini , khususnya mereka penyuka dessert.

Apa sih uniknya kue ini sampe bisa dibicarakan banyak orang?
Enak? Udah pasti. Kue yang satu ini rasanya udah ga bisa diragukan lagi, rasa coklat yang manis dan pahit bercampur menjadi rasa utama yang ditonjolkan oleh Lava Cake.

Kalau menurut saya, uniknya kue ini adalah teksturnya. 
Tekstur kue seperti kue bolu yang sedikit garing dibagian pinggirnya dengan rasa coklat yang manis dipadu dengan isinya yang sangat menggugah selera, yaitu lelehan coklat hangat yang sedikit pahit. 

Wow. Bisakah anda membayangkannya? 
Ketika kue dipotong lalu mengalir lah lelehan coklat kental yang pahit, akan lebih nikmat apabila dipadu dengan strawberry segar. 
Membuat lapar bukan?

Saya sendiri begitu mengetahui ada kue jenis ini, langsung mencari resepnya. 
Ternyata sudah banyak orang yang membuat kue ini dengan berbagai macam variasi resep.
Saat itu, saya masih amatir dalam membuat kue, maklum masih SMA dan yang namanya bikin kue itu hal yang jarang saya lakukan. 
Saya pun mulai mencari satu per satu resep yang sekiranya paling mudah untuk diikuti oleh anak SMA yang masih pemula dalam hal membuat kue seperti saya.
Akhirnya.. Saya pun mendapatkan satu resep. Meskipun masih agak ribet, tapi berbekal rasa ingin tahu yang besar dan ketertarikan untuk segera merasakan nikmatnya Lava Cake saya pun berniat untuk mencobanya.

Pada hari Sabtu pagi yang cerah ceria, saya bangun dan mengajak mami saya belanja bahan-bahan kue sesuai yang ada di resep ( saya cari resep hari Jumat).
Setelah semua bahan tersedia, saya , mami saya dan adik saya berangkat kerumah saudara untuk membuat kue bersama. 
Kata orang, buat kue rame-rame pasti bakal lebih seru. Tentu saja, bukan hanya lebih seru tapi juga ada yang bantuin dan bisa sharing pengalaman.

Pukul 10.00 kami siap di dapur dengan segala macam bahan bahan membuat lava cake seperti berikut ini :
- 120 gram Dark Cooking Chocolate
- 100 gram mentega
- 100 gram gula halus
- 2 buah telur utuh, 2 buah kuning telur, kocok 
- 150 gram cocoan bubuk dan 85 gram tepung terigu protein sedang, dicampurkan
-  mentega dan cocoa secukupnya untuk mengoles cup
- tepung gula secukupnya untuk taburan gula
- 3 buah strawberry segar untuk penambah

Setelah semua bahan siap, saya dan saudara saya mulai membuat kue tersebut.

- Olesi cetakan (saya pakai cetakan silicon yang tahan panas untuk oven) dengan mentega dan taburi cocoa bubuk di permukaannya. Balikkan dan tepuk-tepuk cetakan. Sisihkan.
- Panaskan atau tim Dark Cooking Chocolate dan mentega sampai cair,  masukan gula ke dalam coklat cair, lalu sisihkan.
- Kocok semua telur dengan mixer sampai mengembang dan warna agak pucat
- Masukan terigu dan cocoa sambil terus di mixer
- Masukan adonan coklat yang telah leleh ke campuran terigu sampai terus di mixer hingga tercampur merata.
- Tuang adonan kedalam cetakan, jangan terlalu penuh karena kue bisa mengembang.
- Masukan oven selama 10 menit dengan suhu 170 derajat Celcius.
- Keluarkan dari oven, tunggu 1 menit lalu balikan dan letakkan di piring
- Taburkan gula sesuai selera serta letakkan strawberry diatasnya sebagai pemanis .


Lumayan kan caranya? 
Setelah dilakukan ternyata resep ini ga susah susah banget kok, jadi buat para pemula yang pengen banget cobain bikin kue bisa coba resep ini.




Selamat Mencoba... Enjoy Cooking!

XX


By : Jesslyn Sukiat 

jesslyn sukiat  jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat jesslyn sukiat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar