Minggu, 30 Maret 2014

FAMILY's RECIPE : Pomme De Terre En Sandwich

   



Pomme De Terre En Sandwich  

MINGGU, 30 Maret 2014

Minggu sore di musim pancaroba dengan udara yang tidak terlalu panas dan tidak mendung, saya pada akhirnya terbangun dari tidur siang yang tidak sebentar. Saya tidur pukul 13.00 dan terbangun pukul 15.30 , dua setengah jam bukanlah waktu yang sebentar untuk waktu tidur siang. 

Saat akan turun kebawah, saya sudah siap apabila akan diomeli oleh mama saya.
Ya, katanya anak perempuan ga baik tidur terlalu lama, katanya. 

Akhirnya saya pun keluar kamar dan turun tangga kebawah, belum juga sampai kebawah, saya mencium aroma roti panggang. Perpaduan antara wangi roti dengan mentega yang dipanggang serta aroma daging tumis yang menggugah selera. 
Saya tidak lapar saat bangun tidur, tapi setelah mencium aroma ini perut saya mulai berbunyi. 

Seperti yang saya duga, mama saya telah siap dengan 4 porsi roti isi kentang yang entah apa namanya.
Saya tidak terlalu tertarik untuk menanyakan namanya, mata saya langsung tertuju ke roti isi tersebut.
Rasa-rasanya saya belum pernah melihat roti yang seperti ini dimanapun. 

Sebelum makan, saya menyempatkan diri untuk mengambil foto untuk saya ceritakan di blog ini.
Ya, Pomme De Terre En Sandwich  :)



Pernah kah kalian mendengar nama makanan ini? 
Ya. pasti belum pernah karena nama "Pomme De Terre En Sandwich" adalah nama yang saya buat sendiri. 
Bukan nama asal-asalan karena nama ini tentunya memiliki arti yaitu "Roti isi kentang".

Seperti yang terlihat dari namanya, roti ini diisi dengan kentang dan beberapa ingredients lainnya.

Darimana kah asal makanan yang mampu membuat rasa lapar tiba-tiba muncul ini? 

Sekitar sebulan yang lalu, saya , mama dan adik saya membuat Zuppa Soup untuk makan pagi kami sekeluarga.
Kami membeli roti khusus Zuppa Soup, setelah selesai dipanggang , ternyata roti yang kami pakai kurang tepat untuk Zuppa Soup, tapi karena rasanya enak kami tetap memakannya.

Sore ini, mama saya yang terbiasa selalu membuat makanan kecil untuk cemilan sore hari teringat akan roti Zuppa Soup yang gagal tersebut.
Kebetulan masih tersimpan satu bungkus di freezer.
Mama saya akhirnya mengeluarkan semua bahan yang sekiranya cocok untuk diolah bersama dengan roti ini. 
Berikut adalah beberapa bahan yang mama saya gunakan :

1/8 kg Daging sapi yang dipotong kotak-kotak - apabila kebanyakan, sesuaikan dengan porsi masing masing
3 buah kentang - kupas dan potong dadu
1 batang daun seledri - potong kecil-kecil
1 kaleng jamur - tiriskan dan potong sesuai selera
4 buah Roti untuk Zuppa Soup
2 siung bawang putih - cincang hancur

Setelah semua bahan siap di dapur, mama saya mulai mengolah bahan bahan tersebut dengan langkah-langkah praktis berikut ini :

1. Rebus kentang yang sudah dipotong dadu sampai sedikit lunak.
2. Angkat dan tiriskan.
3. Siapkan wajan panas, masukan sedikit mentega untuk menumis. Masukan bawang putih, tumis sebentar sampai wangi 
4. Masukkan daging sapi, tumis sebentar. Masukkan kentang yang telah direbus serta jamur kaleng yang sudah ditiriskan.
5. Masukkan bawang seledri dan bumbu utama (garam, lada, royco, bubuk jamur)
6. Tuangkan ke piring.
7. Siapkan roti Zuppa yang sudah tidak membeku, lebarkan. Atur isi yang telah diolah diatas roti. Usahakan jangan terlalu banyak agar tidak berantakan. 
8. Lipat roti sampai isi terbungkus dan tidak keluar dari roti.
9. Lakukan step 7-8 untuk setiap porsi.
10. Siapkan panggangan roti, panggang roti yang sudah diisi selama kurang lebih 7-8 menit , awasi.
11. Roti telah siap untuk dimakan. 

P.S : jangan masukan bumbu terlalu banyak ke isi roti karena roti Zuppa sudah ada rasa asin.



Mudah kan??


Selamat Mencoba... HAPPY COOKING! 


XX


By : Jesslyn Sukiat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar